Selamat Hari Santri Nasional

0
26

Santri

keceriaan dalam kebersamaan

Menjadi santri berarti menapaki salah satu jalur paling seru di jalan ilmu itu.

Tetapi “santri” barangkali bukan hanya kata benda untuk menggambarkan mereka yang bertungkus-lumus di pesantren, menempa kewaskitaan dalam pembelajaran adab sebelum ilmu dari para Kiai-guru. “Santri” barangkali adalah kata sifat yang melekat pada siapapun yang menjaga adab terpuji pada Allah, RasulNya, ilmu, dan guru.

Bahwa ada beberapa sosok yang menghabiskan kemudaannya dengan mondok tapi malah terjumudkan lalu gegar budaya menghadapi segala yang dikiranya maju; maka sungguh ia pula berarti sifat santri tak terjamin oleh ijazah dan status alumni.

Menjadi santri adalah berilmu amaliyah dan beramal ilmiyah hingga mati, suatu proses yang tiada henti. Dengan itulah ia berrendah hati, menginsyafi bahwa kian bertambah ilmu, makin terlihat bahwa dirinya belumlah tahu.

Seorang santri belajar dan mengajar, mengkaji dan berkarya, bertekun dan beramal; dengan terus membawa ketundukan pada Allah dan kerundukan hati pada sesama hambaNya.

Seorang santri memahami, bahwa jikapun karyanya lebih hebat dari pendahulunya; menyebut, mengakui, menghormati, dan mendoakan para perintis ilmu adalah sebuah kewajiban.

last post.22 oktober 2018

dianggit dari pena Salim A. Fillah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here