Remaja Kaya Ilmu

0
14

Dunia remaja memang begitu asyik untuk di telusuri, begitu banyak warna dan rasa yang terjadi didalam dunianya. Berbagai macam ragam isinya…. yang pastinya, akan dilalui semua orang yang menginjak usia belasan. Ada yang takut untuk menghadapi bagaimana cara mengatasinya, ada pula yang begitu tertantang dengan masa remajanya. Ada yang bilang masa remaja adalah masa untuk mencari jati diri, menimba sebanyak-banyak ilmu, dan juga masa-masa emas untuk meraih prestasi, serta mengetahui potensi dan kemampuan diri.

               Tau gak ternyata Baghdad adalah kota kelahiran teknologi baterai? Tau gak ternyata sejak tahun 1980-an para peneliti telah mendiskusikan tentang kemungkinan mengirim pesan teks lewat telepon seluler? Tau gak mengapa di alamat e-mail selalu ada simbol @? Tau gak ternyata Google mesin pencari terpopuler di dunia itu berasal dari ejaan kata yang salah? Tau gak ternyata Hamidiyah disebut-sebut sebagai mall tertua di dunia? Tau gak ternyata penemu kata OMG yang merupakan kependekan dari ‘OH MY GOD’ ternyata adalah seorang angkatan laut? Tau gak siapa pemilik akun pertama di facebook?

               Nyadarkan? Ternyata masih banyak wawasan yang belum kita tahu. Masih banyak informasi yang belum sempat kita gali. Masih banyak referensi yang belum kita baca. Disinilah, kita harus mulai sadar tentang pentingnya belajar. Belajar itu tak mengenal usia tua-muda, kaya-miskin, tinggi-pendek, hitam-putih, ataupun lainya. Belajar itu terkait MAS AZAM atau kemauan yang kuat dari dalam diri untuk melakukan sesuatu. Bukan terkait MAS KASLAN atau kemalasan.

               Malas itu sendiri, sebenarnya kita mampu untuk melakukanya, namun kita enggan. Begitulah kita sebagai remaja harus bisa melawan dan memerangi kemalasan dengan AZAM yang kuat. Pada dasarnya setiap tempat adalah madrasah(sekolah), setiap orang adalah ustadz /ustadzah(guru), dan setiap peristiwa adalah dirosah(pelajaran). Hal itu hanya bisa dicapai oleh seseorang yang memiliki adz-dzauq fauqol ‘ilm(kepekaan di atas ilmu).

              Sebagai remaja kita harus bis memanfaatkan masa-masa tersebut  dengan maksimal agar tidak menyesal dikemudian hari meskipun masa-mmasa tersebut adalah masa yang masih labil. Tapi justru dengan masa itulah kita bisa menemikan kemampuan dan petensi kita. So, jadilah remaja yang mempunyai banyak ilmu, jadilah remaja yang mampu melawan kemalasan, jadilah remaja yang mempunyai banyak talenta, jadilah remaja rajin beribadah, rajin belajar serta rajin menebarkan kebaikan, dan jadilah remaja yang bisa memotivasi orang untuk melakukan kebaikan. Karena masa muda itu tidak akan datang dua kali, jadi manfaatkan dan maksimalkan masa remaja sebelum datang masa tua.

#SemogaBermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here