Muhawarah

0
45

Bahasa arab merupak an bahasa yang paling mulia, karena dengan nya lah kitab paling mulia sepanjang masa, Al-Qur’an diturunkan, sehingga dengan mempelajari nya akan memudahkan kita dalam menghafal, memahami, dan mentadabburi Al-Qur’an.

 إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

Dengan memahami bahasa arab kita pun akan lebih mudah memahami hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam, serta lebih mudah mengkaji kepada ulama secara langsung maupun mempelajari kitab-kitab karangan mereka yang mana menggunakan bahasa arab juga.

Oleh karena itu, di Pondok Pesantren Nurul Huda bahasa arab merupakan bahasa yang lazim digunakan, para santri diwajibkan untuk  berbahasa arab dalam kegiatan sehari hari nya. Dengan demikian dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang relevan dan mampu meningkatkan keterampilan berbicara,salah satunya yaitu Metode Muhawaroh, yaitu sebuah metode yang dilakukan dengan memberikan percakapan yang disesuaikan dengan tema setiap pertemuannya yang berbeda, dan menuntut siswa untuk menghapalkan percakapan tersebut untuk kemudian dapat digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Kegiatan ini juga diselingi dengan Ishlahul Lughoh, yaitu pemberian kosakata atau kalimat-kalimat yang sering digunakan sesuai dengan kaidah yang benar.  Metode ini diterapkan setiap sepekan 2 kali, pada hari senin dan kamis pagi yang diadakan oleh bagian bahasa, dengan muhawarah ini para santri menjadi lebih mudah  menghafal percakapan dan kosa kata dalam bahasa arab yang jumlahnya sudah tentu banyak. ,menghafal  pun menjadi lebih menyenangkan.

hubbul ‘arabiyyah, hubbul Qur’an wa sunnah 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here