Pandai Besi yang Pintar

    0
    24

    Oleh: Aulia Putri Al Jannah

                    Halo guys… gimana kabarnya nih? Ngomong ngomong kepo nggak sih dengan judul rubrik ini? Kalau kepo, berarti kamulah orang yang Oscar cari selama ini… haduh si Oscar udah kaya lagi cari jodoh aja… udah deh kita langsung to the point aja yuk!

                    Percetakan atau sekarang orang orang lebih sering menyebutnya dengan sebutan printer (eaa… gaul dikit, ya nggak guys?…). yup! Sekarang kita akan membahas tentang printer. Ngomong ngomong lagi nih ya guys, selama ini kita memakai alat ini tapi sebenarnya kita tau nggak sih bagaimana awalnya printer terlahir ke dunia ini? Oke deh langsung simak aja yuk peristiwa lahirnya sebuah printer ke dunia hingga sekarang ada di berbagai tempat. Cek it out!

                    Sejarah percetakan kembali ke duplikasi gambar dengan cara perangko di masa masa awal. Penggunaan segel bulat untuk memutar kesan ke dalam tablet tanah liat kembali ke peradaban Mesopotamia awal 3000 SM, mereka menampilkan gambar yang kompleks dan indah. Di Cina dan Mesir, sebelum mereka memakai blok yang lebih besar ternyata mereka telah menggunakan perangko kecil terlebih dahulu untuk segel. Dan ternyata di Cina, India dan Eropa sebelum mencetak di atas kertas atau papirus mereka telah berpengalaman mencetak di atas kain, guys… jadi prosesnya sebenarnya sama, di Eropa tayangan presentasi khusus cetakan sering dicetak di atas sutra hingga abad ke 17. Lalu bentuk dari percatakan itu sendiri berkembang memungkinkan menjadi buku, surat kabar, majalah, dan bahan bacaan lainnya dan telah mampu diproduksi dalam jumlah yang banyak.

                    Perlu kita ketahui juga guys, bahwa teknik cetak mencetak telah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke 14. Orang orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa, dan penyebabnya adalah alphabet Cina yang memiliki ribuan ideogram spesifik menjadi sangat sukar jika diterapkan di mesin ketik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.

                    Ok guys, sekarang kita lanjut ke pembahasan tentang terlahirnya printer ke muka bumi ini. Jadi guys, ternyata tokoh penemu printer itu adalah seorang pandai besi asal Jerman yang bernama Johannes Gensfleisch Zur Laden Zum Gutenberg antara tahun 1938 hingga tahun 1968. Jadi pertama kali dilahirkan bentuk printer ini sangat besar dan berat muatannya karena bahannya terbuat dari logam dan tintanya memakai bahan minyak khusus. Lalu berlanjut pada pempublikasiannya oleh Gudenberg pada tahun 1950-an.

                                    Pada awalnya printer berpenampilan sangat klasik, yaa kebayang kan guys seberapa klasiknya… tetapi, printer itu sendiri masih bisa diandalkan untuk mengetik huruf secara cepat dan tepat, walaupun tidak secepat printer canggih masa kini. Dan printer ini dulu sempat digunakan untuk mencetak Alkitab secara massal. Karena berhasil menemukan mesin printer, Gutenberg menjadi orang terkenal di Jerman dan berdatanganlah masyarakat menuju kediamannya untuk mengetahui cara kerja mesin printer itu sendiri, guys…

    Nah, dari situlah akhirnya mesin printer berkembang dengan cepat di dataran Eropa hingga tercipta printer modern seperti sekarang ini. Diantaranya ada printer jenis Dot Matrix, Inkjet, dan Laserjet.

    History of Dot Matrix

                    Printer ini dilahirkan pada tahun 1964. Berlanjut pada tahun 1970 printer ini diproduksi secara massal oleh pabrik Digital dan Centronic. Cara kerjanya yaitu dengan dipukul secara berulang ulang, yaitu bergerak maju mundur, ke samping kanan dan kiri secara bolak balik ketika sedang mencetak tulisan.

    Next, about history of Inkjet

                    Nah kalau yang ini guys, konsepnya berasal dari abad ke 20 dan teknologi ini dikembangkan pertama kali pada awak tahun 1950-an, dan dimulai pada akhir tahun 1970-an printer Inkjet yang bisa memproduksi gambar digital yang dihasilkan oleh computer dikembangkan, terutama oleh Epson, Hewlett-Packard (HP), dan Canon. Di pasar konsumen di seluruh dunia, empat produsen menyumbang sebagian penjualan printer Inkjet: Canon, HP, Epson, dan Brother.

    And the last history of Laser

                    Tokoh penemunya adalah Gary Starkweather (Fuji Xerox), seorang insinyur dari Xerox Palo alto Research centre. Beliau terkenal dengan penemuan pancaran sinar laser yang penggunaannya diaplikasikan pada mesin printer. Hasil kerja keras Xerox berbuah hasil dan puncaknya pada tahun 1977 untuk pertama kalinya di dunia produk laser printer Xerox 9700 diperkenalkan pada khalayak umum.

    Nah, sahabat Oscar… seperti itulah kisah singkat peristiwa dilahirkanya sebuah printer. Sekarang udah tau ya guys… jadi bisa buat pengetahuan. Semoga bermanfaat ya…

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here